Langsung ke konten utama

Review Vitacid 0.025 %, 0.05 % dan 0.1 % : " Perjuangan Melawan Acne vulgaris dengan Retinoid Acid "

Hallo so...so long time no post !
Okay kali ini aku mau nge-review Retinoid Acid setelah menggunakannya hampir 2 tahun !! 


Sebelumnya aku mau minta maaf, selama 2 tahun terakhir tidak pernah nulis apa-pun di blog ini. Sejujurnya aku selama 2 tahun terakhir nggak pernah nge-check blog ini, terakhir aku kaget ternyata review aku tentang wardah whitening cream banyak dibaca. haha



Alasan kenapa aku vakum dan nggak pernah nulis lagi di blog ini adalah karena 2 tahun belakangan aku sibuk banget ngo-ass. Its so long journey for grab my childhood dream ! But insyaALLAH no longer just daydream AMIN YA ROBBALLAMIN :)Okey Langsung aku review yaak.



Jadi awal cerita aku bisa mentok di produk ini adalah.... karena post skripsian aku jerawatan parah ! (seumur-umur periode itu yg paling parah) maafin aku ga punya fotonya karena HP aku hilang dan ga sempet ngeback-up apa pun. Dan dodolnya aku belum punya dropbox waktu itu, atau-pun kepikiran ngeback-up di google photos ! Ini pelajaran yak bagi kalian yang teledor kayak aku dan setengah gaptek (dulu yaa) applikasi kaya dropbox dan lain-lain itu penting banget diaktifin karena kita nggak pernah tau dokumen apa-pun yang ada di laptop, HP bisa lengit kapan saja karena alasan macem-macem.



Awalnya karena jerawatan aku berobat rutin ke dr. K*N JAYANATA, Sp.KK (K). Jerawat aku itu tergolong moderate (besok ya kapan-kapan aku bahas tentang apa itu Acne Vulgaris lengkap sama terapi kedokterannya apa berdasarkan sumber sahih EBM cuy !)Aku sempet mengunakan krim dan obat dari dr. K*N selama 5 bulan hasilnya emang reduce banget, tapi karena aku di BENGKULU dan kalo kontrol harus ke JAKARTA dan berhubung aku lagi ngo-ass dan punya waktu amat-sangat terbatas (apalagi waktu mayor) yaa nggak sempetlah yaa. Jangan kan mau kontrol ke dokter nan jauh di seberang sana, nyuci muka aja untung sempet cyinnn. Dan karena uda nggak pernah kontrol, trus krim muka lupa-lupaan pakainya, jaga malem terus, cuci muka aja syukur (paling waktu wudhu doang) ya sudahlah jadilah muka aku yang tadinya jerawatnya tinggal 2 - 4 beranak pinak tambah banyak. Predileksinya yang tadi cuma sebatas dahi uda sampe ke pipi kiri kanan pula. Terus minyakan parah lagi. Aduh pokoknya parah bangetlah. Sampe aku tu malu ketemu sama sepupu-sepupu aku yang semua pada komen gini " dek kok kamu jerawatan banget sih sekarang ? Coass segitu banget yaa ?? " Sebenernya dari hati paling dalem pengen banget aku bilang gini, sini dah lo coba sehari aja gantiin gua ngo-ass..(kesannya lebay emang tapi kalo lo bukan anak FK, aku ngerti kalian berpendapat gitu atau sinis dengernya).



Karena nggak tahan denger komentar gituan terus-terus dan aku sebenernya jadi nggak pede-an banget akhirnya aku berinisiatif mengobatin diri sendiri. Awalnya aku searching materi journal-journal dermatology khususnya Acne vulgaris, aku baca banyakkkk banget journal CRT yang bahas tentang macem-macem therapy Acne Vulgaris dan baca guideline Acne Vulgaris. Karena aku belum stase kulit dan konsulen kulit disini terkenal sanggar bgt waktu itu jadi aku ngeri mau tanya-tanya ato-pun konsul ke beliau wkwkwkwk (dodol emang!)



Akhirnya setelah nge-EBM, aku mengambil langkah dengan merencanakan terapi kombinasi antibiotik dan topikal terapi golongan retinoid acid (walo-pun kalo di guideline itu banyak banget ko pilihan lain) Jadi aku memulai dengan menggunakan antibiotik oral doxycycline 1 x 100 mg selama 15 hari ( Sebenernya kalo mau sesuai guideline cukup dengan 1 x 50 mg tapi karena susah nyari sediannya ya sudahlah) aku minum antibiotik itu selama 3 bulan berturut- turut masing-masing setiap bulannya 15 hari minum oral antibiotik. Dibarengin sama topikal retinoid acid  yang aku pilih adalah vitacid dosis paling rendah diawal yaitu 0.025 %. Sebenernya banyak pilihan produk lain kaya Retin-A, tapi karena aku di BKL sisah banget nyari Retin-A dan kalo dari segi harga dia jauh lebih mahal, maka vitacid-lah yang aku pilih karena selain sangat ekonomis dia mudah didapat.




Nah itu diatas sediannya. Kenapa kita harus dari dosis paling rendah karena peringatan banget ya. Krim ini dan kulit kita butuh penyesuaian (seperti itulah yang banyak disarankan para dermatology, walau kalo di guideline dan journal-journal nggak ada sih dicantumkan dosis topikal harus dari dosis paling rendah, kalo yang oral golongan iso-tretinoid dkk ada jelas banget, oral antibiotik juga). Diawal pemakaian terutama 2 minggu pertama, kalian akan mendapatkan jerawat kalian akan bertambah parah. Jumlahnya mungkin akan bertambah banyak, muka kalian akan merah, perih, mengelupas dan kering (hal yang sama yg aku rasakan pas aku minum obat oral retionid tapi sifatnya lebih sistemik, karena kalo oral nggak cuma kulit muka yang kering tapi kulit kepala, bibir juga kering). Tapi aku tegaskan disini kalian jangan berhenti ato nyerah, karena jika timbul gejala diatas itu adalah tanda reaksi obat topikal retoind acid pada kulit kamu berkerja.

Ingatnya cara pakainya haya di malam hari ! Tok hanya dimalam hari, WHY ?? karena selama memakai retinoid acid kamu nggak boleh kena sinar matahari yang ada UVA - UVB nya itu loo.. karena katanya dapat memicu cancer kulit. Walaupun yaa journal cohort yang bahas tentang hal tersebut belum banyak yang membuktikan kalo pertanyaan tersebut signifikan berpengaruh. Tapi amat sangat baik kalian tidak menggunakannya di pagi-siang-sore. Dan sangat dilarang dipakai jika kalian sedang HAMIL ! Karena emang terbukti teratogenik (menyebabkan anomali/kecacatan pada janin) ! Mau itu topikal ato oral nggak boleh titik.

Cara pakainya diolesin tipis-tipis ke area kulit yang berjerawat, satu kali sehari setiap malam hari. Kalo aku sebelumnya cuci muka dulu bersih-bersih pake sabun cuci muka yang PH-nya balance aku pribadi awalnya pakai produk sabun cuci muka hadabalo yang gokujyun. Terus mukanya di keringkan pake handuk bersih tunggu 10 - 15 menit baru aku applikasikan krim-nya. Terus tidur deh !

Banyak yaa aku juga baca blog-blog sebelumnya yang ngereview hal ini dan bilang kalo uda pakai cream retinoid harus lampu dimatiin, ga boleh kena sinar lampu tidur, sinar hape, laptop dll (lebay bgt). Aku nggak enak aja komentar gini " kalian baca di journal mana yang nyebutin hal tersebut ? " Yang pernah aku baca di journal-journal kedokteran, mereka hanya menyebutkan tidak boleh dipakai di siang hari karena sinar matahari bumi kita yang sudah terpapar UVA-UVB, kenapa ?? Karena gelombang sinarnya berbeda dan efeknya pada orang yang sedang nggak pakai cream retinoid-A aja juga nggak baik, bisa menyebabkan macam-macam terburuknya adalah memang cancer kulit. Dan pada orang yang sedang memakai retinoid-a baik oral ato-pun topikal memang kulitnya akan menjadi sangat sensitif jika terkena matahari akan bertambah merah (malarush gitu kea orang lupus) makanya sangat disarankan jika siang hari harus pakai sunblock. Okay ? Jadi nggak usah lebay. 
PS : aku sendiri jaga malem IGD, Bangsal yang lampunya terang benderang juga masih pake cream retinoid vitacid ini, nggak ngaruh apa-apa tuh. Hihi

Terus subuhnya aku cepet-cepet cuci muka kayak biasa pakai produk sambun cuci muka yang sama.




Untuk siangnya aku pakai sunblock parasol spf 33 diatas. Kenapa aku pilih sunblock ini karena aku pribadi paling cocok dengan produk diatas. Tekstur-nya sama kaya BB cream. Jadi irit banget, aku pakainya cuma butuh 1/4 FTU untuk semuka (alias sebesar biji jagung) jadi 1 tube bisa bertahan sampe 2.5 bulan sama aku. Sebelum berangkat koass kalo sempet mandi ya mandi, bersihin muka dandan ala kadarnya. Jdi setelah bershin muka aku terapi pakai sunblock nya kea pakai bb cream, trus setalah nya aku timpukin bedak tabur yang biasa ku pake (makeover) tipis-tipis. Nah satu lagi point plus produk sunblock ini menurut aku sangat rekomendasi juga sebagaiganti foundation, karena dia dapat menyatu dengan baik sama bedak tabur atopun bedak padat. Top deh pokoknya.  Oh yaa alasan kenapa aku pilih yg spf 33 karena aku kalo sehari-hari aktivitasnya hampir selalu diruangan yang emang jarang terekpos sinar matahari terik. Jadi bagiku cukup dengan perlindungan spf 33.

Parasol SPF 33 
Harga : Rp. 67.000
Recomended : YA JELAS ! Pokoknya Klop.
Kemasan : standar banget tapi oke banget untuk travel pocket nggak makan banyak tempat.
Repurchase : SELALU :)

Terus ya aku lanjutin perjuangan aku membasmi jerawat dengan modal mengobati diri sendiri. Jadi awalnya aku pakai vitasid 0.025 % selama 3 bulan pertama. Waktu pemakaian awal aku hampir aja nyerah karena memang efeknya luar biasa banget di muka aku. Jeawat aku nggak cuma tambak banyak tapi tambah meradang. Yang tadinya cuma papul-papul kecil malah jadi pustul. Dan ada 3 yang bentuknya kayak bisul. Aku inget banget waktu itu aku lagi di stase bedah aawwwww. Kesel ! Aku sampe digodain konsulen " bril kamu kenapa ? Stress banget kayaknya dek, bedah kan nyatai dek." ( dalam hati.." dokter aja dok yang nyantai koass nya tumbang ampun dehh !").

Ini jaman bedah :


Peratiin coba kening aku (yg jilbab pink) ga cuma kening doang itu pipinya juga ampun banget dan ngelupas parah. (awal stase)


Terus ini 3 bulan setelah aku pakai vitacid 0.025 % (akhir stase bedah) Taraaa kening nya uda hampir bebas jerawat wkwkwkw.



 Setelah tiga bulan pertama aku menggunakan vitacid yang 0.025 %. Dua bulan selanjutnya aku menggunakan vitacid yang dosisnya lebih tinggi yaitu vitacid 0.05 % selama 2 bulan. Itu yang dibawah. Perubahan dosis topikal retinoid acid negbuat muka aku emang tampah kering dan ngelupas, tapi jewarat beneran tinggal yg kecil-kecil aja (papul-papul) yang radang dan merah ga ada.

Nah ini muka aku setelah 5 bulan pemakainan Vitacid. (Maaf yak itu muka aku abi nge-bangsal dari subuh sampe sore uda super lecek jilbab uda kmana-mana) 



Nah setelah 5 bulan itu aku naikin lagi dosisnya jadi aku pakai vitacid yang 0.1 %. Nah waktu yang ini muka aku bener-bener kering dan ngelupas awalnya. Nah aku pakai yang ini cukup lama ada kali sampe 6 - 7 bulan. Dan muka aku karena uda terbiasa yaa nggak ada apa-apa cuma kering terus jewaratnya ada sih satu-dua biji. Terus dengan perlahan aku turunin dosisnya ke o.o5 % terus ke 0.025 %. Tapi mungkin karena sudah lama pakai udah 1,5 tahunan aku jadi tau dengan sendiri di kulit aku yang paling cocok itu dosis yang 0,05%. Nah jadilah sampe sekarang aku pakai yang 0.05% seminggu 5 kali. Dipakai malam hari, sbelumnya cuci muka. Siangnya tetap pakai parasol tapi kadang sekarang aku mulai berani lagi pakai BB cream pixy yang pernah aku review sebelumnya (selain ada spf dia nggak bikin aku jewaratan ato komedoan walau aku pakai seharian). Terus kalo pulang kerumah aku cepet bersihin mukadengan susus pembersih viva yang bengkoang terus tonernya. Terus baru cuci muka pake sabun JF sulfur sekarang ato kadang hadalabo gokujyun. Terus seminggu 2 kali maskeran pakai lemon madu ato kalo lagi males binkinnya aku pake masker oriflame.



Nah begitulah cara aku mengatasi jerawat dengan produk utamanya dalah retinoid acid.

Ohh yaa untuk bentuk cream vitacid ini sama aja kayak cream-cream dokter lainnya. Ga berbau testurnya juga kea biasa aja. Tapi kalo uda diaplikasiin muka kita jadi berminyak gitu si. Oh ya setelah pakai 2 tahun vitacid ini juga bikin muka aku cerahan. Dan menurut journal retinoid juga di pakai untuk anti aging kok. Ada aku baca di forum dermatology US, ada dermatolog yang pakai retinoid topikal selama 12 tahun dan aman-aman saja.


Kamu bisa mendapatkan produk vitacid ini di apotek-apotek kea kimia farma. Tapi sekarang emang agak susah sih mendapatkan yang yg 0.1 % tapi aku saranin mulailah dari yang vitacid 0.025 %, mualilah pakai 3 - 4 kali dalam seminggu terus jika emang efeknya berlebih jadi perih panas sekali gpp dihentikan, biasanya jika dihentikan efek kemerahan perih panas akan hilang sendiri.


Vitacid 
Harga :
Vitacid 0.025 % : Rp. 40.000
Vitacid 0.05 % : Rp. 47.000
Vitacid 0.1 % Rp. 53.000
Recomended : YA 
Kemasan : standar banget tapi oke banget untuk travel pocket nggak makan banyak tempat.

Repurchase : SELALU :)


Dan ini muka aku setelah 2 tahun pakai.
PS. selama 2 tahun terakhir aku nggak pernah ke dermatology khusus untuk problem jerawat aku. Haha next time progress aku tinggal mau ngilangin flekbekas jerawatnya dan sepertinya kalo ini aku perlu banget konsul ke dr. K*N lagi deh.





Komentar

  1. Klo yang kerja shift kan tidurnya gk teratur, kalo abis shift malem kan tidurnya pagi? Pas tidur pagi itu tetep gak boleh dipake wlaupun kita gk kena sinar matahari dsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap tidak disaran kan, jadi pengunaan retinoid acid topical cuma boleh malam hari, lain cerita kalo kamu mau minum oral isoretinoid, itu kan sifatnya sitemik nah itu boleh minum kapan aja asalkan pas siangnya kamu pakai sunblock.

      Hapus
  2. kaaaak mau nanya, vitacid ngga ada masa nya harus dipakai maksimal berapa bulan gitu kan yaaa ?? pemula ni kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai henita terimakasih sudah membaca, batas pemakaiannya tidak ada, aku pernah baca CR (case report) tentang pengunaan retinoid topical, pasien mengunakan krim ini sampai 12 tahun dan tidak ada masalah, malah punya efek menghilang kerutan sehingga menyebabkan banyak studi dan penelitian yang tertarik untuk membahas retinoid sebagai anti aging. Cuma jika kamu punya masalah seperti acne vulgaris (jerawatan) kamu bisa pakai vitacid ini dimulai dengan dosis paling rendah yaa, terus nanti dinaikin sendiri sampe dosis topical maksimal. oh yaa jika tertarik dan mau mengobati sendiri kamu bisa baca guideline acne vulgaris di sini file:///C:/Users/USER/Downloads/Acne-guideline.pdf

      Hapus
    2. terimakasih kak penjelasannya sangat membantu sekali .. sudah 2 bulan pake dan alhamdulilah kinclong jugaaa .. cuma karna tujuannya buat samarkan bopeng jadi aku harus sabar kek kakak

      Hapus
  3. Haruss pakee sunblock atau tidak ya kak? Jadiicuman pakee vitacid nya aja pas malem hari. Trs pemakaiannya gaboleh setiap hari kalo malem pas mau tidur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi rahma ! Iya kalo siang wajib pakai sunblock yaa. Pemakaian retinoid acid topikal atau-pun oral, kalo siangnya harus wajib, kudu pake sunblock. Karena pada masa terapi retimoid acid kulit kamu menjadi sangat sensitif, udah sensitif eh kena UVA - UVB matahari yaa tambah sensitif dong, paling ringan ya nyeri2 dikit paling parah kulit kamu bisa kea lua bakar gitu malarush parah bgt.

      Hapus
  4. Klo buat paginya pake facial foam apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rina ! Jadi sekarang aku ga pake hada balo lagi tapi uda ganti untuk facial foam sehari-hari pakai Acnes Creamy Wash nya Rohto trus dua hari sekali aku juga cuci muka dan facial peeling pake ST Ives Apricot yang fresh skin. Nah nanti aku bakal review juga dua produk ini, dua produk ini supeeeeer recomended bgt ! Baca yaa review nya..

      Hapus
    2. saat menggunakan vitacid, boleh menggunakan st ives?

      Hapus
    3. Boleh ko ga ada larangan sama skali, kamu pake st. Ives nya cukup 2 kali seminggu aja.

      Hapus
  5. Ka, aku udh pake vitacid dari bulan november sampe sekarang. Awalnya fine fine aja, jerawat muncul gaterlalu banyak. Makin kesini ko, bruntusan aku malah tambah banyak trus agak merah merah gtu. Itu wajar gak ya ? Aku harus lanjut atau berhenti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo merah banget2 dan lesi jerawatnya bukan cuma yang kecil-kecil aja timbul tapi sampe ada pustul trus ada nanah nya gitu, trus sampe perih panas brenti aja dulu sementara, pas mau mulai lagi intensitas pake nya di turunin 1 kali 2 ato 3 hari, jgn di pake tiap hari. Evaluasi aja 7 - 14 hari, kalo emang tambah parah juga ku saranin kamu ke dokter kulit, mungkin selain jerawat kamu punya alergi dan ditambah infeksi yg lain atau kamu punya masalah jerawat yg berkaitan dengan faktor hormonal.

      Hapus
  6. Kalo buat ngilangin komedo bisa nggak kak? Wajahku bersih dari jerawat cm komedoku banyak banget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemm kalo untuk komedo aku kurang tahu sii krim ini efektif ato tidak, tapi yg jelas patofisiologi komedo sama timbulnya nya jerawat itu hampir sama aja, intinya kelenjar sebasea ato pori2 kulit wajah tersumbat trus karena tersumbat ya kalo jerawat nanti akan di tambah dengan infeksi bakteri trus inflamasi, makanya jadi merah2 gitu trus sampe ada pus nya kadang, nah kalo komedo tersumbat aja tapi ga sampe kena infeksi terus radang. Trus kan yaa obat ini tu kerjanya tu mempercepat reepitelisasi kulit, trus mengurangi inflamasi, trus memperbanyak vaskularisasi di kulit dan pempercepat produksi kolagen, yaa kali2 aja bisa jug buat ngebersihin komedo, tapi yg jelas si kalo buat ngilangin bekas jerawat krim ini butuh waktu lebih panjang untuk mmberikan efek maximal yg kita harapkan, ga secepat dia ngebasmi jerawat. Semoga membantu.

      Hapus
  7. Kak mau tanyak klau saya mau pakek krim ini kata kk jangka panjang bisa, klau selama 3 tahun saya pkek krim ini trus saya mau merit apa saya harus lepas krim ini dlu ya? Kemudian bisa ada efeknya gx kekandungan klau mau hamil kernakan udh pkek selama itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh2 aja ko, tapi kalo kamu uda prepare mau married,yass ku saranin bgt2 kamu off pake krim ini mulai dari 6 bulan sebelum married yaa, seriously semua hal baik itu krim atopun oral yang mengandung terusan isotritonoid ato pun retinoid a itu teratogenik tidak boleh di pakai saat hamil ato pun orang yg punya rencana akan hamil yaa. Oke semoga bisa membantu, terimakasih sudah membaca.

      Hapus
    2. Oiya kk saya jga mau tanya bedanya parasol wrna ungu sma yg kk pakek apa, klau untuk yg cocok dipakek dimuka kulit jerawat yg mna kk

      Hapus
    3. Beda spf aja, kalo ga salah yg unggu lebih rendah, yg orange ku pake spf 33

      Hapus
  8. Kak mau tanya. Lebih ampuh manakah penggunaan terapi kombianasi retinoid acid dan doxycycline atau retinoid acid saja? Apakah penggunaan antibiotik dan retinoid berbarengan tidak apa-apa? Terus doxycycline bisa untuk jangka panjang kah layaknya retinoid? Terima kasihh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi terapi kombinasi itu digunakan berdasarkan jenis jerawat kamu, jadi apakah jerawat kamu tergolong mild (ringan), moderate (sedang) atau severe (berat), contoh kasus aku kenapa aku memilih terapi kombinasi oral antibiotic + topikal retinoid karena jenis acne aku saat itu tergolong yg moderate awal nya, ini link https://emedicine.medscape.com/article/1069804-overview untuk mengetahui jenis acne kamu aku harap bisa membantu, karena ini artikel paling sederhana dan terpercaya yg biasanya aku dan teman2 ku pakai untuk menjelaskan ke pasien dengan lebih sederhana. Dan doxycycline tidak digunakan dalam jangka panjang, mereka layaknya antibiotik lainnya jika digunakan jangka panjang akan menyebabkan resistensi dan doxy sendiri punya side effect seperti nyeri kepala hebat, penurunan penglihatan dan gejala GI seperti diare dan nyeri abdomen. Jika jerawat kamu termasuk yg mild (ringan) terapi yg digunakan cukup topical retinoid atau benzoyl peroxide atau topical antibiotic, you don't need antiviotic oral darl ! thank you, semoga bisa membantu.

      Hapus
  9. Ka ngolesin vitacidnya di bagian jerawatnya atau di seluruh muka ya?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Kalo jerawatnya dikit dan cuma di spot2 muka tertentu di, totolin aja di daerah berjerawat nya dulu, bertahap nanti kalo uda cocok dan terbiasa mukanya, semuka2 juga ga masalah tapi tipis2 aja yaa.

      Hapus
    2. Mohon maaf jngan membuat hal yg aneh , dokter kulit macam apa yg ngomong semuka juga masalah , ini dokter apa bukan ya bisa bahaya lo kalo ngomong begitu , penggunaan obat vitacid itu obat keras yg seharusnya diawasi oleh dokter kulit seperti di luar negri , sayangnya diindonesia sendiri dijual bebas , penggunaan vitacid itu digunakan on the spot aja jika tidak ada jerawat gak perlu dipake , karena juga efek sampingnya juga keras apalagi jika di aplikasikan ke seluruh wajah

      Hapus
  10. Kak kalo jerawat aku cuman 1 dihidung tp gede pake vitacid 0.1 aku olesin di jerawatnya aja apa harus pake sunblock?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olesin aja di spot jerawatnya, ga maksa juga si kalo jerawat cuma 1 doang harus pake sunblock semuka, tapi lebih baik emang pakai sunblock kita tu, apalagi kalo kulit kamu tipenya
      Sensitif..

      Hapus
  11. Kak aku udah pakai vitacid yg 0,05% mulai ramadhan kemarin. Tp sempat ngga rutin pakainya. Trus aku mulai rutinin lagi. Nah hari ini mukaku rasanya perih gitu karena emang itu beberapa bagian kering sampe ngelupas. Sebelumnya ngelupas lebih parah tp ngga perih. Baiknya dilanjutkan atau diturunin kadarnya ya kak? Salahku emang dari awal langsung pakai yg 0,05%:( Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turunin aja vitacid 0.025 % emang gitu kalo pertama kali banget, kulitnya pasti perih dan ngelupas parah. Trus tangan jangan usil hehe, soalnya biasanya orang karena ngelupas kulitnya di pegang2in terus... trus yg belum kering banget di kelupasin sendiri, Perilaku seperti ini gampang bikin infeksi sekunder di kulit kita yang pada dasarnya emang lagi sensitif saat pemakaian produk ini, trus juga kalo di klupasin nambah luka, otomatis akan semakin perih entar.... biarin aja dan usahain ga usah make up tebel dulu, dan di bantu sama masker kaya yg mengandung aloe vera gitu, biar ga perih2 bgt kulitnya.

      Hapus
  12. Hai kak mau tanya dong, tlg dbales ya 😁. Skrg kn aku lgi pake vitacid yg 0,025%, udh 4hr ini aku pakainya rutin tiap malam. Cuman kok pas aku olesin kaya nggak ngefek apa apa ya, kn diindikasi katanya ada sensasi panas, gatel sma merah2. Nah ini diaku enggak, apa berarti aku ngk cocok atau gimana? Terus aku pakainya dijidat doang, soalnya takut purging parah kalo dipakai seluruh muka dan aku juga ngk pakai sunblok cz jarang keluar juga sih😁. Gpp kah kalo ngk pakai sunblock? Kn aku pakainya dijidat doang. Tlg dibls ya kak makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jewarat di jidat kamu mulai mengering dan mengelupas gaa ? Kalo uda mulai mnering dan mengelupas berarti mulai bereaksi itu krimnya di kamu, mau liat cocok ato enggak nya itu keanya stlh 14 hari deh mulai bisa di bilang cocok ato kenggak kalo dalam 14 hati jerawatny ga tambah banyak trus pada kering yaa cocok berarti, efek2 yg di sebutkan itu ga smua orang mengalaminya... Haha sebenernya yaa pake sun block itu wajib sebenernya loo...apalagi buat tipe kulit yg sensitif mau pake vitacid ato enggak biasakalah pake produk wajah yg aja sun blocknya

      Hapus
    2. Trus vitacid ini sbenernya penggunaannya berapa kali dlm seminggu kak?

      Hapus
    3. tiap hari juga ga masalah yang penting pakenya cuma satu kali sehari dan hanya di malam hari, tapi lihat lagi kondisi kulit kamu.

      Hapus
  13. Hai kak, aku lagi cari info nih buat pemakaian vitacid aku masih takut soalnya... Btw setelah sembuh dari jerawat tersebut masih pakai atau tidak? Lalu obat tersebut memiliki zat aditif ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tapi kalolago jerawat nya keluar ajaa, aditif maksud nyaa ? Ketergantungan maksudnya ? Hehe enggak koo di aku.. Semoga dikamu juga yaa

      Hapus
  14. kak, aku baca katanya yg 0,1% bisa buat ngilangin stretch mark, menurut kakak gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iyaa ? Baca dimana, aku belum pernah baca dan ketemu artikel yang bilang retinoid bisa menghilangkan stretch mark :) Setahu aku stretch marks paling banyak disebabkan karena perubahan hormone, terutama pada kehamilan, penurunan badan yang relatif drastis dan satu lagi paling sering pada penyakit cushing sindrom (akibat pengunana steroid dalam jangka waktu lama). Tapi setau aku tatalaksana stretch mark sendiri belum ada yang efektif bisa menghilangkan stretch mark itu, terutama untuk pengobatan topikal, cuma emang disarankan pada area stretch di berikan pelembab atau lotion yang cukup, olive oil atau pun banyak konsumsi vitamin E atau makanan yang mengandung vitaminin E untuk mengurangi stretch mark. :) semoga menjawab yaa :)

      Hapus
  15. Ka, boleh ga sebelum pake ini pake toner dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok, setelah pake toner 15 menit kemudian baru pake vitacidnya yaa :)

      Hapus
  16. Kaka..mau tanya dong . Muka aku alhamdulilah g brjerawat..cuma kusam aja..mgkin krn efek suka ganti2 krim wajah.. Kira2 klw pake vitacid ini,..bisa g ya jd lebuh putih gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali lagi jadi vitacid ini yg berisi retinoid fungsi utamanya bukan membuat wajah kita lebih putih, dia ini sifatnya exfoliating (pengelupasan) dgn mempercepat reepitelisasi kulit. Jadi entar lapisan kulit kita yang paling luar (stratum corneum) bakal jadi kering terus mengelupas, trus diganti dengan lapisan baru di bawahnya. Efek lainnya dia juga meningkatkan vaskularisasi ke kulit kita dan meningkatkan produksi elastin-colagen. Kalo mau emang kulit jadi lebih putih emang ada obat lainnya koo, caranya pakai hidroquinon itu dia kerjanya memang menghambat melanosit menghasilkan pigmen warna kulit kita. Hidroquinon ini juga di palas untuk pasien2 melasma, hyperpigmentasi dan flek2 hitam gitu. tapi sebelum pakai produk ini kamu harus ke dokter kulit untuk berkonsultasi terlebih dahulu. gita yaa semoga membantu.

      Hapus
  17. Kalo mau pakd vitacid di siang hari saat beraktivitas .. baiknya pakse sunblock dulu atau vitacid dulu ka ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf venna kan udah dijelasin yaa pakai vitacid cuma boleh di malam hari. Aku udah jelasin sejelas-jelasnya di tulisan aku.

      Hapus
  18. Sist aq kan pake cream Erha kira2 boleh ga selang seling pake vitacid

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya kamu konsultasiin ke dokter kulit di klinik ERHA kamu yaa, karena aku juga nggak ngerti di ERHA kamu berikan terapi apa saja dan sedang dalam fase mana perawatan kulit kamu :)

      Hapus
  19. Kak mau nanya aku kemarin dikasih doxicor 100mg selama 2 minggu tapi udh abis.. nah kaka make selama 3 bulan dalam waktu setiap bulannya selama 15 hari, yg bikin resisten itu kelamaan pake antibiotik atau make 2 minggu trus 2 minggu berenti trus pake lagi? (Ngerti ga kak? Hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu beli doxycornya sendiri ato dengan resep dokter yaa ? enggak bikin resinten koo, yang bikin resisten itu kalau kamu minum antibiotik apa-pun tapi enggak sesuai aturan. Misal harusnya minum 5 hari kamu minumnya cuma 2 hari atau harusnya minum 10 tab selama 3 hari, karena merasa uda sehat baru 2 hari trus berenti sisanyantidak diminum, atau minum antibiotik sembarangan tidak sesuai indikasi dan tidak dengan pengawasan dokter.

      Hapus
  20. Mbknya pakai sabun apa? Kalo sedang pakai vitacid apa boleh makai sabun yang mengandung asam salisilat/sulfur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sekarang pakenya cetapril, kalo pakai vitacid sebaiknya tidak menggunakan sabun dengan bahan akhif seperti asam salisilat.

      Hapus
    2. Kak aku kan pake vitacid 0,05 .dibarengi sabun bayi saat cuci muka GPP kan kak

      Hapus
  21. Kak, kalo pakai vitacid boleh pakai moisturizer ga?

    BalasHapus
  22. Hai kak terimakasih blognya sangat membantu. Tapi saya mau tanya kak pakai vitacid nya boleh berbarengan dengan skincare malam kah kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja si sbenernya, tapi sebaiknya boleh berbarengan asalkan jenis skincare kamu jenis exfoliating .

      Hapus
  23. Kak, kan dijelaskan ga boleh pake mame up selama terapi. Berapa lama nih? Kalau misal malam pake trus pake pake, let's say,concealer atau bb cream bener2 ga boleh? Kalau sesekali aja gitu apakah boleh? Thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 aja tergantung kebutuhan, which is kmbali lagi sekarang kondisi kulit kamu gimana, kalo kamu emang tipenya acne prone dan sedang masa purging atau malah lagi breakout yaa jgn lah pake make up yg berat2 sejenis foundation ato concealer

      Hapus


  24. Assalamualaikum..
    Kak aku kan baru coba pake vitacid 0,025, udah hampir sebulan, alhamdulillah agak mendingan, meskipun bekas jerawat nya belum hilang total, trus siang nya aku pake parasol yang spf 45, tadinya aku mau beli yang 33, karna ga ada jadi aku beli ajah yang 45, kak kalo aku mau ganti yang spf 33 bakal ada efek sampingnya ga kak, terus untuk ilangin bekas jerawat apa aku juga harus ganti vitacid 0, 5 ?? Mohon bantuannya kak.
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru 1 bulan berarti 4 minggu, baiknya genapin aja dulu pakai 0.025 % sampe 6 minggu trus kalo dirasa yakin mo lanjut ke 0.05% boleh2 aja, tapi pakenya selang seling dulu baiknya jadi 1 hari pake 0.05 % treus besoknya 0.025% biar kulit kamu ga kaget, ningktin dosis artinya kamu harus siap mungkin akan ada perubahan ato reaksi lain dikulit kamu, misal dia akan lebih kering dan malah ngelupas2 parah akan aku dulu, jadi tetep sabar2 yaa. saat jerawatnya hilang next problem pasti kebelet bgt mo ngilangi bekasnya, nah ngilangin bekas jerawat itu sebenernya lebih sulit dari mengatasi jerawat, jadi tetep harus pelan2 namanya juga kulit, regenerasinya bertahap butuh 2 - 12 minggu.

      Hapus
  25. Kak aku mau nanya, itu obat doxycline digunakan 1 bulan 15 hari? Boleh gak klo 1 bulan minumnya full 30 hari?

    BalasHapus
  26. Vitacid itu bisa ngilangin bekas jerawat hiperpigmentasi tidak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena emang sifatnya juga exfoliating agents, tapibutuh waktu lama untuk menghilangkan bekas jerawat, dimana-mana menghilangkan bekas jerawat lebih susah dibandingin menghilangkan jerawat.

      Hapus
  27. Kak kan jerawat aku di sekeliling deket rambut sama leher tuh banyak banget kak , ortu aku gk pernah bolehin aku ke dokter kulit alesannya hormon
    Tapi aku greget kak karena jerawat banyk nimbul . Katanya suruh pake vitacid acid tp ktnya harus ke dokter
    Apa harus coba yg 0,25 dlu ya ka thxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang sama orang tau kamu, jerawat itu multifaktorial, not just a simple like that :) So i suggest, please visit your dermatology :)

      Hapus
  28. Kalo lagi minum obat dr. Kun tp pengen pake vitacid juga kira" efeknya parah gak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah obat dr. Kun itu accutane isinya isotretonoid (kandungan dengan turunan yg sama dengan isi vitacid dear :)), malah si accutane itu kerja sistemik artinya punya efek lebih besar dibandingin vitacid, so menurut aku ga perlu lagi deh kamu pake vitacid, dan antibiotiknya biasanya doxycor (patennya doxycycline). So just try to trust your doctor :))

      Hapus
  29. Kak bedanya vitacid yg gel sm yg cream apa ya? Kira kira bagusan yg mana ka? Makasih

    BalasHapus
  30. Kaka waktu dulu aku pernah pakai vitacid 0.025 niacef dan mediklin warna oren.. apa boleh 3 salep itu dicampurin kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada kamu yg campurin mending pake mediklin gel aja yg lombinasi clinda 1.2% + retinoid acid 0.025% malem hari, karena itu lebih efektif dari pada harus dilayerin vitacid trus baru mediklin

      Hapus
  31. Kaka waktu dulu aku pernah pakai vitacid 0.025 niacef dan mediklin warna oren.. apa boleh 3 salep itu dicampurin kak?

    BalasHapus
  32. Siang ka...vitacid bisa menghilangkan bekas jerawat yg memerag di wajah ga ya?

    BalasHapus
  33. Kak aku mau tanya kalo jerawat aku sudah menghilang tinggal bekas jerawatnya saja, apa aku masih melanjutkan memakai vitacid lagi sampai bekasnya menghilang atau aku sudahi ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghentikan pemakaian vitacid itu ga bisa dadakan juga, harus pelan2 dengan intensitas pemakaian nya di kurangin dari minggu ke minggu meski jerawatnya uda ga ada lagi, nah kalo tinggal bekas jerawatnya aja dan tujuannya buat ngilangin bekas jerawat tentunya vitacid tidak segitu etektif menghilangkan bekas jeeawat, jadi saran aku hentikan vitacidnya pelan2 biar jerawatnya ga balik lagi, sembari kamu perawatan kulit lainnya kea laser buat ngilangin bekas jerawat kamu.

      Hapus
  34. kak mau nanya dong, nih aku masih mau coba vitacid tpi karna takut purging berlebih jadi aku coba bagian dagu dlu, boleh ngak sih kak atau harus semuanya? trus boleh ngak pake vitacid bareng pake toner cuka apel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp di spot yg jerawatan aja dulu..di totolin di jerawatnya.. setahu aki cuka apel itu fungsinya buat antiinflamasi pada jerawat nya meradang, seharusnya si gpp

      Hapus
  35. Untuk milia bisa gak ya? Kaya jerawat tapi kaya komedo juga. Warna putih susah bgt ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini turunan produk turunan retinoid acid bukan pilihan utama untuk masalah komedogenic

      Hapus
  36. Ka ini udah otw 2 bulan dan tinggal bekas2nya sama jerawat kecil2 di dahi tapi di pipi jadinya merah2 dan bekasnya bener2 ga enak diliat. Itu wajar ga? Atau pemakaian harus dihentikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar ko jerawat kecil kecil di spot biasanya acne timbul atau ada timbul acne yg lebih besar tapi jumlahnya 1 - 2 di minggu ke 8 - 12 itu wajar, kalo bekas jerawat memang lama hilangnya itu bisa 6 bln - bertahun2, bagian palinh sulit masalah acne problem itu emang menghilangkan bekasnya

      Hapus
  37. Kak, muncul efeknya itu (pengelupasan dan muncul bbrpa jerawat lagi) biasanya sampai berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4-6 minggu pertama itu yg paling parah pengelupasan dan jerawatnya muncul mungkin tambah parah dari sebelumnya di tempat yg emang sering spot jerawat timbul

      Hapus
  38. halo kaa, aku dyaz. Aku pun sama sebagai pemakai vitacid yg udah lama juga. Nah dulu aku cuci muka kan selalu pake yg gentle kyk dove sabun batang atau hadalabo. Terus dikomentar di atas aku liat jawaban kaka ada yg "kalo pakai vitacid sebaiknya tidak menggunakan sabun dengan bahan akhif seperti asam salisilat". Muka aku alhamdulillah udh bersih, cuman kadang2 aja nongol jerawat kalo kepingin dapet atau tiba2 nongol kan. aku ngerti kalo di awal bgt memang harus pake yg bener2 sabun yg lembut kyk cetaphil atau hadalabo (kyk review kaka di atas). Tapi kalo udh kyk aku yg udah biasa menggunakan vitacid, boleh pake sulfur ga sih ka? terima kasihh.
    (nanya ini, soalnya pernyataan jawaban di komentar dengan reviewannya aga bertentangan aja sihh, jd aga bingung aja hehee)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi balik lagi ke kondisi kulit kamu si, retinoid karena kerjanya mempercepat reepitelisasid cara pengelupasan epidermis jadi efeknya adalah kulit kamu akan kering, makanya di review aku menyarankan untuk menggunakan cleanser yg sifatnya ph balance yg ga bikin kulit kamu makin kering dan ketarik. Namun jika merasa kulit kamu sudah beradaptasi dengan baik pada produk retinoid seperti vitacid dan tidak membuat kulit kamu mengelupas lagi dan menjadi kering, it's that your choice, if you want to use cleanser with active Ingredient like sulphur 😄

      Hapus

  39. kak pernah jerawatan yang gede" gitu , terus sekarang itu membekas item gitu kak .. kalo di pegang itu grenjel grenjel gede". bukan cuma 1 tp bnyak grenjel"nya . Tapi kaloo di kaca / di raba gitu cuma kaya bekas biasa kak . aku juga ada bruntusan kecil" di sekitar pipi & rahang . Enaknya aku pake vitacid apa engga ya kak? tapi sekarang aku pake benzoyl peroxide sih.
    tolongg balassd dong kaakkk ...
    takut jga pake vitacid . aku umur 18th

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi setelah pake benzoyl peroxide sudah ada perubahan belum ? Jika belum gpp pake vitacid pake yg dosis nya paling rendah 0.025% terlebih dahulu

      Hapus
  40. kak mau tanya ya. tadi aku baca" di blog kaka katanya gk boleh berbarengan sama produk whitening. disini aku pakek facial foam dan pelembab nya produk pons warna pink. apakah boleh digunakan berbarengan dg vitacid? soalnya disini aku berhenti dulu pakek vitacid. takutnya pons dan vitacid tdk boleh digunakan bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga ga gitu paham tentang produk pons apa saja kandungan, tapi jika ku punya masalah jerawat lebih baik tidak mengunakan segala bentuk produk whitening, sebelum problem jerawat atau brutusan kami teratasi. Itu adalah saran yg paling sering aku dengan jika aku ke dokter sp.KK termasuk dr. K*n Jayanata sp.KK(K)

      Hapus
  41. Kak , mau tanya kalau buat bekas jerawat kemerah merah an cocok gk sih pakai vitacid ?

    BalasHapus
  42. Mbak kan pake Viva Milk Cleanser dan Face Tonic. Selain itu memakai produk Hadalabo Gokujyun. Urutan cara pakainya seperti apa ya mbak? Terus dipakai setiap apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Viva milk cleanser - face tonic - cleanser hadalabo - face tonic - sheetmask - cream vitacid

      Hapus
  43. Kak aku bru pake vitacid yg 0,025 udh satu bulan lebih gak ada reaksi apa apa krena wajahny cuma bnyak bruntus sma milia apa harus di lanjut atau udah saja ,,trus kalo pke vitacid boleh pake krim gak makasih

    BalasHapus
  44. Kak aku bru pake vitacid yg 0,025 udh satu bulan lebih gak ada reaksi apa apa krena wajahny cuma bnyak bruntus sma milia apa harus di lanjut atau udah saja ,,trus kalo pke vitacid boleh pake krim gak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya pake krim apa yaa ? dan memilih untuk pake vitacid 0,025% dengan indikasi apa ? Acne ? Ato mau ngambil efek anti aging nya ?

      Hapus
  45. Ada batas usia gk klo mau pake ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. vitacid sebenarnya golongan obat keras dan anjurannya dipakai dalam pengawasan dokter, usia min > 18 thn amannya. Tidak disarankan untuk remaja.

      Hapus
  46. Kk saya mau tanya ni. Kalo pake vitacid 0,05% terus cuci muka pake sabun ko ji san gimna ya?

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum kak.. Kalo aku pake vitacid boleh g ya pake krim dokter goddesskin dr richard itu. Kalo boleh urutannya apa dulu ya? Kalo tonernya exfoliating toner gitu gpp kan ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Super Skin Semarang : My New Skincare

Hallo semua !! Jadi kali ini aku mau mengulas Skincare baru aku. Yaa, sesuai sama judulnya aku mau mengulas tentang Super Skin Semarang. Here we go... Super Skin Cream Jadi yaa, aku mau cerita dulu kenapa aku bisa pakai skincare ini. Mulanya teman deket aku kebetulan dia sedang internship di Semarang pulang ke Bengkulu akhir Desember tahun lalu, yaa biasa dia ambil cuti sebentar. Truss pas pulang aku liatin temen aku itu tambah cantik aja, truss mukanya tambah kinclong, uuuh pokoknya mulus dan glowing banget deh ! Ini nih fotonya bareng aku...(dia yang kanan, makeup seadanya, no filter yaak, ngandalin lampu XXI doang !)trus dibawah foto kondangan aku sama dia, liat dong make-up nya tu nyatu banget ! efek kulit mulus dan glowing ! Bermodal efek lampu XXI post kondangan kelar : tuh kan muka dia masih fresh bgt nah aku make-up nya uda cemong ! Jadilah aku nanya kamu sekarang pake apaan si cut ? Seriously... glowing bgt !Padahalnya Semarang itu puanaas bgt nggak sih ?

The Beauty Inside

Hallo semua ! Sudah lama sekali aku tidak menulis sesuatu tentang suatu konsep atau pola pikir dalam masyarakat. Kebanyakan tulisanku belakangan ini adalah tentang review produk  skincare dan makeup yang telah aku gunakan. Kali ini aku akan berbagi pemikiranku tentang " definisi cantik "  yang belakangan cukup mengusik pikiranku dan sedikit membuatku gerah. The Beauty Inside atau lebih familiar-nya inner beauty . Sesuatu yang menurutku banyak dari kita yang tidak begitu peduli dengan hal ini. Jadi sebelumnya aku mau bertanya pada kalian " apa sih arti cantik bagi kamu ? " Ceritakan apa itu versi cantik kamu yaa, jangan lupa  comment di bawah :)  Menurutku cantik itu adalah tentang seseorang yang berwawasan luas, berbakat, disertai  attitude dan pribadi yang menarik. Sama sekali bukan tentang rupa, wujud, atau-pun bentuk spesifik yang menjadi standar. Karena apa ? Bagiku jika cantik itu hanya berupa suatu rupa, wujud atau-pun bentuk, maka keindahan itu a